Capo gitar merek BOSTON, capo gitarku.

Kali ini saya mau sharing tentang Capo. alat yang biasa saya gunakan untuk bermain gitar.







Apa itu Capo Gitar? 
Capo adalah perangkat yang dipasang di fret untuk menekan string/senar gitar maupun instrumen musik bedawai lainnya, sehingga meningkatkan nada setiap string secara bersamaan. Misalnya saja di sebuah lagu ada chord G, C, dan D, anda bisa menaikan satu nada jadi A, D, dan E, dengan cara memasang capo gitar di fret kedua. Capo juga mempermudah memainkan barre chord (seperti chord F, B, dan chord lainnya yang biasanya menggunakan jari telunjuk untuk menutupi dua string atau lebih).

Sejarah Capo pertama kali oleh Giovanni Battista Doni dengan menggunakan istilah dalam bukunya Annotazioni dari 1640, meskipun penggunaan capo kemungkinan mulai awal abad ke-17 . Capo dipatenkan oleh James Ashborn dari Walcottville, Connecticut, Amerika Serikat. Capo paling sering digunakan untuk meningkatkan pitch instrumen.
Baru-baru ini capo lebih fungsional dan variatif, seperti gambar diatas, capo tersebut menggunakan alumunium alloy yang sudah support bass, violin, gitar dan ukulele.


Kegunaannya? 
Ya tentunya untuk menaikan nada di gitar kita, contohnya nada C bisa jadi C# bisa jadi D begitu seterusnya. dan capo gitar juga berguna agar permainan gitar kita lebih bervariasi, lebih bergaya, dan terlihat profesional hehehe.

Apakah kita perlu capo saat beermain gitar?
Sebenernyasih kalo menurut saya capo itu perlu ga perlu. hmm kenapa?, karena semua itu tergantung dari kebutuhan kita, apakah kita mau permainan gitar kita berkembang atau tidak, terlihat profesional atau tidak, coba kalian lihat pemain gitar profesional di youtube? mereka terlihat profesional saat di gitar mereka di pasang capo ,  ya walaupun  permainan gitar mereka hanya memakai kunci dasar. 


sebenernya  tanpa capo pun kita bisa terlihat profesional. caranya dengan kita   bermain  kunci gantung dan petikkan gitar. tapi jika kita belum menguasai kunci gantung dan petikan gitar?, ya solusinya kita harus mempunyai capo hehe. itu menurut saya, karena terkadang saat kita bermain gitar banyak orang yang melihat permainan gitar kita. dengan capolah kita bisa sedikit bergaya hehe.

selain buat bergaya, capo juga berguna untuk  bermain kunci nada tinggi seperti C# D# F# G# dan tentunya sangat berguna untuk pemula. tapi bermain gitar tanpa capo pun tidak apa-apa. Karena semua itu tergantung dari kebutuhan kita saat bermain gitar. tak perlu banyak bergaya, karena jadi diri sendiri itu lebih baik.